Tugas kali ini menganalisis jurnal yang berjudul " AUGMENTED REALITY DALAM APLIKASI PENGENALAN MONUMEN MENGGUNAKAN UNITY-3D"
ABSTRAK
Salah satu teknologi yang sudah banyak digunakan yaitu Augmented Reality (AR). Dalam penelitian ini penulis membahas sebuah aplikasi Augmented Reality yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Salah satu peran AR dalam dunia pendidikan yaitu pada proses peningkatan minat belajar. Sifat dari AR ini adalah membantu pengguna agar lebih mudah mengenal suatu objek atau benda dalam bentuk 3D, akan tetapi masih banyak orang awam yang belum mengetahui batasan-batasan dalam penggunaan AR. Untuk mendukung hal tersebut maka dibutuhkan aplikasi Augmented Reality yang mampu memberikan dukungan pada proses penelitian yang tepat. Proses penelitian AR ini dengan cara menggunakan tabel blackbox yang meliputi pengecekan tombol, jarak kamera, sudut, pencahayaan, putaran, oklusi, dan perangkat. Melihat permasalahan yang terjadi, penulis merancang sebuah aplikasi Augmented Reality dengan menggunakan metode waterfall. Penelitian dilakukan dengan mencari jarak minimum jangkauan kamera, sudut minimum jangkauan kamera, minimum intensitas cahaya terhadap marker pada tiga perangkat android yang akan menentukan alternatif yang optimal.
AR (Augmented Reality)
Augmented reality merupakan upaya penggabungan dunia nyata dengan dunia virtual yang dibuat melalui komputer sehingga batas antara keduanya sangat tipis. Dengan teknologi Augmented Reality kita dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP, android, maupun kacamata khusus.
Metodologi Penelitian
Adapun metode yang digunakan yaitu mengguanakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model Waterfall. Dimana berisi rangkaian aktivitas proses yang teratur dan disajikan dalam proses yang terpisah, seperti spesifikasi kebutuhan, implementasi desain perangkat lunak, uji coba dan sebagainya
Implementasi Sistem
Penulis melakukan pemfokusan pada pembuatan komponen dan fitur-fitur yang ada pada aplikasi edukasi pengenalan jenis monumen menggunakan teknik 3D. Penulis mengimplementasikan aplikasi yang telah dibangun dengen menggunakan data-data sehingga peneliti mengetahui apakah sistem tersebut bekerja secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan.
Analisis dan Uji Coba
Sistem Uji coba dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kesalahan sebuah sistem yang telah dibuat sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut untuk menjadi sebuah sistem dan aplikasi yang layak digunakan untuk tipe handphone yang sistem operasinya android. Pengujian yang nantinya dilakukan adalah pengisian blackbox untuk menguji keakuratan penelitian.
Untuk mendukung aplikasi edukasi berbasis android, perlu adanya dukungan hardware maupun software yang memadai, sehingga pembangunan aplikasi yang akan dilakukan dapat menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan yang ada. Berikut kebutuhan yang nantinya perlu sebagai pendukung :
- Kebutuhan hardware (perangkat keras) Adapun perangkat keras yang dibutuhkan dalam aplikasi yang yang dibangun dan diimplementasikan pada smartphone android sebagai berikut :
- Kebutuhan software (perangkat lunak) Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan dan pengujian aplikasi edukasi pengenalan monumen ini yaitu :
No comments:
Post a Comment